Pengentasan kemiskinan merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas perhatian bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kulon Progo melalui Bantuan Sosial pada Rumah Tangga Sasaran (RTS), Bupati Kulon Progo telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2013 sebagai petunjuk teknis penyaluran bantuan sosial agar terlaksana dengan efektif, efisien dan tepat sasaran.

Maksud disusunnya Peraturan Bupati ini adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan penyaluran bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan. Sedangkan tujuan dari Peraturan Bupati ini agar penyaluran bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta berdayaguna dan berhasilguna.

Peraturan Bupati ini mengatur mengenai : organisasi pelaksana; sasaran bantuan dan pembentukan kelompok; mekanisme, pencairan; laporan dan pertanggungjawaban; monitoring; dan evaluasi.

Sasaran penerima bantuan sosial adalah Kelompok dan sasaran penggunaan bantuan sosial adalah untuk usaha ekonomi produktif.

Softfile Peraturan Bupati dapat diunduh di menu informasi produk hukum.