Diseminasi Ranham Di Kab. Kulon Progo

Rabu, 23 Desember 2015 10:22:21 - Oleh : Bag Hukum

WATES - Untuk meningkatkan pemahaman kepada aparat dan warga masyarakat, terhadap permasalahan Hak Asasi Manusia (HAM), Pemkab Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Rencana Aksi Nasional Hak Azazi Manusia (RANHAM) di Kabupaten Kulon Progo bagi Aparatur Pemerintah dan Kelompok Masyarakat. Acara yang dilaksanakan pada hari Senin, 21 Desember 2015 di Ruang Rapat Sermo, Komplek Perkantoran Permkab Kulon Progoini dibuka oleh Arief Sudarmanto, SH (Asisten Pemerintahan dan Kesra) dan dihadiri oleh para Kepala SKPD di lingkungan Kab Kulon Progo selaku anggota Panitia RANHAM Kab Kulon Progo.

Arief dalam sambutannya mengingatkan kembali kepada semua pihak, bahwa Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak dasar, yang secara kodrati melekat pada diri setiap manusia, serta bersifat universal dan langgeng. Berkaitan dengan hal tersebut, Hak Asasi Manusia (HAM) ini harus dihormati, dipenuhi, dilindungi, ditegakkan dan dimajukan oleh semua pihak, untuk menciptakan kesejahteraan, kedamaian, ketenteraman dan keadilan, bagi seluruh warga masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, implementasi Hak Asasi Manusia (HAM) ini harus lebih diprioritaskan dalam berbagai aspek kehidupan. Diantaranya dalam mengemukakan pendapat, bergerak, memilih dan aktif di organisasi, dalam menjalankan agama, berkarya dan lain-lain. Namun demikian, kemerdekaan atau kebebasan dalam Hak Asasi Manusia (HAM) ini harus seimbang, serta harus sesuai dengan berbagai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, yakni tidak merugikan orang lain. Karena di atas hak setiap orang, ada hak orang lain yang wajib dihargai dan dihormati.

Berdasarkan penilaian Panitia Pelaksana RANHAM Tahun 2014 untuk laporan pelaksanaan kegiatan tahun 2013 Kabupaten Kulon Progo masuk dalam capaian kriteria yang peduli terhadap HAM dengan nilai 85,88 (delapan puluh lima koma delapan puluh delapan). Hal ini menggambarkan bahwa Pemkab Kulon Progo cukup optimal terhadap upaya perlindungan, pemajuan, pemenuhan, penegakan, dan penghormatan Hak Asasi Manusia (HAM).

Ada beberapa point penilaian yang perlu diperhatikan terkait upaya pelaksanaan Hak Asasi Manusia di Kabupaten Kulon Progo. Diantaranya adalah upaya mengurangi angka kematian ibu, mengurangi presentase anak yang belum memperoleh pendidikan terutama anak yang berkebutuhan khusus, penyediaan air bersih, termasuk juga mengurangi presentase rumah tidak layak huni dan menambah ketersediaan jaringan listrik bagi penduduk di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Tak kalah pentingnya, perlu juga diupayakan untuk mengurangi angka pengangguran.

Selanjutnya Arief mengajak untuk membangun persepsi yang utuh terhadap upaya penghormatan, pemajuan, pemenuhan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) di Kab Kulon Progo ini dan bertekad di awal periode pelaksanaan RANHAM ini dengan pelaksanaan Diseminasi RANHAM ini yang merupakan salah satu program strategis dalam rangka menyebarluaskan nilai-nilai hak asasi manusia guna meningkatkan pemahaman bagi aparat pemerintah dan masyarakat yang pada akhirnya diharapkan dapat mengurangi pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Dalam kegiatan ini, menghadirkan narasumber Ridwanto, SH.MH (Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kementerian Hukum dan HAM). Ridwanto memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai pelaksanaan RANHAM di Kabupaten Kulon Progo sekaligus penjelasan dan pemahaman mengenai tugas dan tanggungjawab Sekretariat Bersama RANHAM di tingkat Kabupaten sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015.

Kepala Bagian Hukum Setda, Iffah Mufidati, SH,MM mengharapkan peserta Diseminasi dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini untuk menanyakan kepada narasumber hal - hal yang sekiranya masih memerlukan penjelasan lanjut.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak