Kulon Progo Juara I Lomba Kadarkum Tingkat DIY Tahun 2019

Rabu, 25 September 2019 17:50:42 - Oleh : Bagian Hukum

Kulon Progo berhasil menyabet Juara I Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019 yang diwakili oleh Kadarkum Kelompok Pelajar Makarti dari SMA N 1 Wates. Lomba yang diadakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ini dilaksanakan hari ini, Rabu, 25 September 2019 bertempat di Balai Pamungkas Kota Yogyakarta. Diiringi sorak sorai nan gegap gempita supporter, Kadarkum Makarti berhasil mengumpulkan pundi-pundi poin pada masing-masing babak yang terdiri dari babak pertama, babak bonus, dan babak rebutan, yang akhirnya mengantarkannya di posisi teratas.

Nama Kadarkum Makarti mempunyai makna Muda, Berkarya, Kreatif, dan Inovatif merupakan gambaran dari kelompok yang bertanding, yang merupakan gabungan anak-anak muda Kulon Progo yang tentu saja prestasi dan kecerdasannya tidak diragukan lagi, kader-kader masa depan Kulon Progo yang menjadi cerminan masyarakat yang sadar hukum. Hal ini selaras dengan visi Lomba Kadarkum yakni untuk memilih Kelompok Kadarkum dari masing-masing kabupaten/kota yang berprestasi dalam pemahaman hukum di Indonesia.

Kadarkum Makarti terdiri dari putri-putri terbaik Kulon Progo yakni Zenita Anggraeni, Icha Wahyu Kusuma Ningrum, Intan Putri Utami, Mar’atul Khusna Srikusuma, Fitri Wulandari, Tiara Tirta Mayangsari, dan Asiyah. Diraihnya Juara I oleh Kulon Progo ini seakan membangkitkan kembali kejayaan Kulon Progo dalam ajang intelektualitas masyarakat yang menitikberatkan pada aspek pemahaman hukum di masyarakat, setelah sebelumnya yakni pada Tahun 2011 Kulon Progo juga menjadi Juara Tingkat Provinsi dan keluar sebagai Juara III Nasional dalam penyelenggaraan Lomba Kadarkum yang merupakan agenda 4 (empat) tahunan ini.

Perolehan Juara I Tingkat Provinsi Tahun 2019 ini mengantarkan Kadarkum Makarti untuk berlaga di kancah Nasional yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Tahun 2020. Adapun sebagai Juara II dalam perlombaan ini adalah Kabupaten Sleman, disusul Juara III adalah Kabupaten Bantul, Juara Harapan I adalah Kabupaten Gunung Kidul dan Juara Harapan II adalah Kota Yogyakarta. Perolehan ini tentu saja selain buah kerja keras yang telah dilakukan Kadarkum Makarti juga hasil sinergi berbagai pihak yang mendukung, diantaranya Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Bagian Hukum, Pejabat Fungsional Penyuluh Hukum pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta, SMA N 1 Wates, dan stakeholder yang turut membantu berjalannya keberhasilan acara ini. Harapan besar yakni semoga Kadarkum Makarti berhasil mengharumkan nama Kabupaten Kulon Progo di tingkat Nasional pada Tahun 2020.dtq-

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak