JDIH Kulon Progo Terintegrasi dengan Sistem JDIHN

Senin, 23 September 2019 14:31:47 - Oleh : Bagian Hukum

 

Kabupaten Kulon Progo menjadi salah satu anggota jaringan JDIHN yang mendapatkan penghargaan sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang Telah Terintegrasi dengan Sistem JDIHN (jdihn.go.id) pada acara Rapat Koordinasi Nasional Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Tahun 2019 dan JDIHN Expo. Acara dengan tema “Penguatan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional dalam Rangka Percepatan Reformasi Hukum” tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 11 September 2019 di Hotel Swiss-Bell Mangga Besar Jakarta. Acara yang diselenggarakan Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tersebut merupakan agenda tahunan yang diikuti oleh seluruh anggota JDIHN yang terdiri dari JDIH Kementerian, JDIH Lembaga Negara, JDIH LNPK, JDIH Provinsi, JDIH Kabupaten/Kota, JDIH Sekretariat DPRD, dan JDIH Perguruan Tinggi.

Pengelolaan JDIH merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional. Adapun yang dimaksud JDIH adalah suatu sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat, dan akurat. Pada tataran Pemerintah Daerah telah diterbitkan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 76 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten Kulon Progo yang merupakan landasan yuridis pengelolaan JDIH di Kabupaten Kulon Progo.

JDIH Kabupaten Kulon Progo telah terintegrasi dengan sistem JDIHN sejak 6 September 2018. Peningkatan tata kelola JDIHN merupakan salah satu langkah strategis dalam rangka mewujudkan peningkatan fasilitas pembangunan hukum nasional dan pelayanan publik sabagai salah satu wujud ketatapemerintahan yang baik, transparan, efektif, efisien, dan bertanggung jawab. Selaras dengan telah didapatkannya penghargaan sebagai salah satu anggota yang telah terintegrasi dengan sistem JDIHN semoga semakin menambah semangat pengelolaan JDIH di Kabupaten Kulon Progo yang pada akhirnya pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan penyediaan peraturan perundang-undangan, dokumen, maupun informasi hukum yang dibutuhkan dapat terlaksana semakin maksimal.dtq-

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak